Cara Menghitung Pajak PPh 21 Secara Benar dan Akurat

Saat ini, kebanyakan orang yang bekerja di perusahaan dan organisasi serius dengan gaji atau pendapatan yang mereka terima. Di Indonesia, aturan untuk pertanyaan pajak dikenal sebagai Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPH 21). Nah, sebagai tenaga kerja yang menerima pendapatan harus tahu bagaimana menghitung pajak PPH 21.

Sebelum mulai mengikuti bagaimana cara menghitung pajak PPH 21 atau bahkan mengirim pajak, merupakan ide yang baik untuk terlebih dahulu mengetahui undang-undang pajak (pajak penghasilan) dan bagaimana kondisi ini akan memengaruhi penghasilan Anda. Oleh karena itu, konsultasikan dengan artikel informatif ini sehingga Anda semakin memahami ketika mempraktikkannya secara langsung.

Berapa pajak pph 21?


Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPH 21) adalah pajak tarif pajak dalam bentuk gaji, gaji, manfaat, biaya dan bentuk pembayaran lainnya yang diterima oleh pekerja sehubungan dengan pekerjaan, layanan, posisi atau kegiatan lain yang dilakukan . Pemotongan pendapatan ini diambil dari pendapatan individu yang bekerja di bawah perusahaan atau organisasi dan individu yang bekerja sendiri sehingga sifatnya adalah individu.

Untuk informasi lebih rinci, Anda dapat mengunduh buku PPH dari Kementerian Keuangan Indonesia di sini. Dalam buku elektronik, Anda juga dapat mempelajari pajak penghasilan untuk beberapa bab lain.

Siapa wajib pajak PPH 21?

Wajib Pajak adalah orang-orang yang mendapatkan beban pajak atas penghasilan. Berdasarkan PPh 21, pembayar pajak tidak hanya berlaku untuk karyawan yang bekerja, tetapi juga beberapa jenis pekerja lainnya. Di antara hal-hal lain di sini adalah pembayar pajak.

  1. Karyawan
  2. Bukan karyawan yang mendapatkan penghasilan di layanan yang disediakan (bintang film, atlet, peneliti, dll.)
  3. Penerima kompensasi untuk pemecatan, pensiunan dan manfaat
  4. Anggota Dewan Komisaris atau Pengawas yang bekerja di berbagai perusahaan
  5. Peserta dalam kegiatan yang menerima gaji (peserta rapat, peserta kompetisi, dll.).

Konsep Pajak Dasar Pajak PPH 21

Dasar perpajakan pajak atau disingkat DPP adalah dasar perpajakan pajak yang diperoleh dari pembayar pajak pembayar pajak yang menerima pendapatan. Mengenai peraturan Direktur Jenderal Nomor Pajak: per - 16 / PJ / 2016 Bab V Pasal 9, berikut adalah beberapa DPP yang berlaku.

  1.     Pendapatan dikenakan pajak (PKP) yang berlaku untuk:

  •  Karyawan tetap
  •  Pensiunan berkala
  •  Karyawan tidak tetap di mana pendapatan mereka diterima dalam jumlah pendapatan bulanan atau akumulasi yang diterima dalam sebulan, telah melampaui Rp 4.500.000.
  • Mereka yang tidak merujuk pada karyawan yang disebutkan dalam Pasal 3 huruf C yang menerima gaji / pendapatan secara terus menerus.


  1. Total pendapatan lebih dari Rp. 450.000 dalam sehari berlaku untuk karyawan non-permanen atau pekerja independen yang menerima gaji harian, gaji mingguan, gaji unit atau gaji grosir, sepanjang pendapatan kumulatif yang mereka terima dalam sebulan belum melebihi Rp 4.500.000.
  2. 50% dari jumlah pendapatan bruto yang berlaku untuk non-karyawan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf C yang menerima manfaat yang tidak berkelanjutan.
  3. Jumlah penghasilan kotor berlaku untuk penerima penghasilan selain penerima manfaat pendapatan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, B dan C.
  4. Dasar pajak atas pajak atas pengenaan Pasal 26 adalah jumlah pendapatan kotor.

Berapa tingkat pembayaran pph 21?

Direktur Jenderal Pajak telah mengatur jumlah tarif pajak dalam Undang-Undang No.3 Pasal 17 tahun 2008. Tarif ini akan memfasilitasi cara untuk menghitung Pajak Pembayaran Pajak PPH 21 dibagi menjadi beberapa kelompok Mereka termasuk yang berikut ini.

  1. Pemilik pendapatan tahunan mencapai Rp. 50.000.000 / tahun tingkat 5% dibebankan.
  2. Wajib Pajak yang memiliki penghasilan antara Rp.50.000.000 - Rp. Tarif pajak 250.000.000 adalah 15%.
  3. Warga yang menang antara Rp. 250.000.000 - Rp. 500.000.000 kemudian, bagaimana cara menghitung pajak pph 21 dikenakan tingkat pembayaran sebesar 25%.
  4. Pembayar pajak dengan pendapatan lebih dari Rp. 500.000.000 / tahun harus membayar pajak sebesar 30%.
  5. Bentuk bisnis tetap dan pembayar pajak dari tubuh domestik tunduk pada tarif tetap 28%.

Berapa biaya tarif pajak (PTKP) terbaru?

Penghasilan Tunduk pada Pajak (PTKP) adalah batas pendapatan nominal yang menentukan apakah seseorang harus membayar pajak atau tidak. Jika penghasilan seseorang masih di bawah tingkat PTKP, Oran tidak diharuskan membayar pajak. Atas dasar Menteri Peraturan Keuangan Nomor 101 / PMK / 2016, tingkat PTKP yang berlaku adalah sebagai berikut.

  1. Pembayar pajak individu adalah Rp 54.000.000.
  2. Pembayar pajak yang sudah menikah menerima Rp 4.500.000 tambahan.
  3. Jumlah tambahan Rp 4.500.000 untuk setiap anggota darah atau anak yang menjadi tanggungan (bagi sebagian besar 3 orang untuk setiap keluarga).
  4. Untuk seorang istri yang pendapatannya dikombinasikan dengan suaminya, PTKP meningkat menjadi Rp 54.000.000.


Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengklik tautan di sini untuk mendapatkan gambar PTKP yang lebih luas langsung dari Direktorat Pajak Umum.

Bagaimana cara menghitung pajak PPH 21?

Jika Anda telah mengetahui jumlah gaji atau pendapatan kotor setiap bulan, maka bagaimana cara menghitung Pajak PPP 21 tidak sulit. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan untuk menghitung jumlah pajak untuk karyawan, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Hitung gaji / pendapatan bruto dalam setahun, yang terdiri dari gaji pokok, manfaat, kesehatan, dll.
  2. Jika jumlah bersih melebihi tingkat PTKP dan telah disesuaikan dengan negara keluarga (sudah menikah atau tidak, dan memiliki ketergantungan pada anak atau tidak).
  3. Kurangi nilai dengan alokasi biaya posisi 5% (maksimum Rp6 juta) dan kontribusi pensiun sebesar 5% (maksimum Rp 2,4 juta). Keduanya diambil dari perhitungan gaji bruto per tahun.
  4. Penghasilan bersih akan diketahui melalui pengurangan gaji dengan PTKP dan kontribusi posisi dan pensiun.
  5. Setelah gaji bersih diketahui, bagaimana cara menghitung pajak PPH 21 berikutnya, kalikan gaji bersih dengan jumlah tarif pajak yang berlaku.


Bahkan, bagaimana cara menghitung pajak pph 21 mungkin berbeda dari langkah-langkah sebelumnya. Meskipun perhitungan telah diatur langsung oleh DJP, tetapi setiap perusahaan umumnya memiliki metode perhitungannya sendiri karena disesuaikan dengan subsidi Anda dan gaji bersih. Secara umum, ada tiga metode penghitungan pajak penghasilan, yaitu metode bruto, metode ketebalan dan metode bersih. Untuk informasi lebih rinci tentang ketiga metode ini, Anda dapat mengklik tautan di sini.

Nah, itulah penjelasan tentang bagaimana menghitung PPH 21 yang dapat dipraktikkan oleh pekerja. Sebagai saran alternatif, Anda juga dapat menggunakan bantuan aplikasi atau kalkulator perhitungan pajak PPH 21, yang dapat diatur sedemikian rupa sebagai angka. Semoga berhasil!