Menghitung Luas Segitiga
Analisis:
- Input: a (alas) dan t (tinggi)
- Luas Segitiga = a * t / 2
Algoritma:
- Ditambahkan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)
- Maka untuk menghitung luas digunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan
- Rumus untuk Menghitung Luas Segitiga yaitu L = 1/2 * a * t
- Nilai L (Luas) akan dikirim sebagai keluaran ke keluaran perangkat (keluaran)
Flowchart Menghitung Luas Segitiga
Algoritma Keliling Lingkaran
Analisis:
- Input: r (jari-jari lingkaran) dan phi
- Keliling Lingkaran K = 2 * phi * r
Algoritma:
- Menentukan nilai phi = 3.14
- Menghitung jari-jari lingkaran
- Rumus untuk menghitung Keliling Lingkaran yaitu K = 2 * phi * r
- Nilai K (Keliling Lingkaran) akan dirilis sebagai keluaran ke perangkat keluaran (keluaran)
Bagan Alir Keliling Lingkaran
Algoritma Luas Persegi Panjang
Analisis:
- Input: p (panjang) dan l (lebar)
- Luas Persegi Panjang L = p * l
Algoritma:
- Inputkan panjang
- Inputkan lebar
- Rumus untuk menghitung L yaitu L = p * l
- Nilai L (Luas) akan dikirim sebagai keluaran ke keluaran perangkat (keluaran)
Flowchart Luas Persegi Panjang
Algoritma Mengirim Surat
- Ketik atau menulis surat
- Siapkan sampul surat atau amplop
- Masukkan surat ke dalam amplop yang tersedia
- Lem amplop surat dengan baik
- Tuliskan alamat pengiriman surat, periksa lagi alamat buku & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat amplop surat.
- Beli dan tempelkan perangko pada amplop
- Pergi ke kantor pos dan bawa surat utkirim pd pegawai pos
Flowchart Mengirim Surat
Algoritma Menghitung Keliling Persegi yang diketahui luas
Analisis:
- Input: L (Luas)
- Input: S (sisi)
- Hitung Sisi: S = L: 2
- Hitung Keliling Persegi: K = 4 * S
Algoritma:
- Inputkan Luas Persegi
- Hitung Sisi Menggunakan rumus diatas
- Hitung keliling persegi menggunakan rumus diatas
- Nilai K (Keliling Persegi) akan dirilis sebagai keluaran ke perangkat keluaran (keluaran)
Bagan Alir Menghitung Keliling Persegi yang diketahui luas
Algortima Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap
- Inputkan sebuah bilangan (bilangan bulat)
- Bagi bilangan yang sudah diinputkan dengan angka 2
- Jika menghasilkan sisa pembagian (0) maka bilangan tersebut genap
- Jika menghasilkan sisa bukan (0) bimaka bilangan tersebut ganjil
Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap
Algoritma Menentukan Kelulusan Mahasiswa
- Nama mahasiswa dan nilai (sudah terbaca)
- Jika mahasiswa mendapat nilai> 70 maka ket “lulus”
- Jika mahasiswa mendapat nilai <70 maka ket “tidak lulus”
- Data nama, nilai dan jawaban akan penilaian
Flowchart Menentukan Kelulusan Mahasiswa
Algoritma Konversi Suhu
- Inputkan besaran suhu dalam celcius (satuan celcius)
- Untuk melakukan konversi suhu dari celcius ke Reamur digunakan rumus: R = 4/5 * C
- Untuk melakukan konversi suhu dari celcius ke Farenheit digunakan persamaan berikut: F = 9/5 * C + 3
- Suhu dalam besaran Reamur dan Farenheit akan meningkat
Flowchart Konversi Suhu
Algoritma Penerimaan Mahasiswa Baru
- Calon Mahasiswa datang ke Bagian Pendaftaran.
- Membeli dan membeli
- Membayar uang kuliah semester awal (sesuaikan dengan kampus)
- Mengumpulkan dan memenuhi persyaratan
- Jika persyaratan sudah lengkap? Jika tidak maka akan kembali lagi ke proses mengumpulkan persyaratan.
- Menerima kartu pelajar, jadwal pertemuan, dan Kuliah.
- Mengikuti pembicaraan
- Kuliah
Flowchart Penerimaan Mahasiswa Baru
Algoritma Membuat Kopi Instan
- Buka Kemasan Kopi sachet yang sudah dibeli
- Setelah itu tuangkan Kopi Kedalam gelas
- Udara Panaskan hingga Mendidih
- Tuangkan airpanas Ke dalam Gelas
- Lalu aduk hingga merata
- Kopi Instan siap dinikmati
Flowchart Membuat Kopi Instan
Algoritma Membuat Nasi Goreng
- Nyalakan kompor gas
- Letakkan wajan di atas kompor
- Tuangkan sedikit minyak goreng
- Tambahkan bumbu ke atas wajan
- Tuangkan nasi secukupnya
- Beri sedikit garam
- Coba rasakan pas atau tidak bumbunya
- Jika kurang garam tambahkan sedikit lagi
- Nasi goreng siap disajikan
Flowchart Membuat Nasi Goreng
Algoritma Pemesanan Makanan
- Pertama pelanggan singgah ke rumah makan
- Menu makanan yang tersedia
- Jika makanan sesuai selera konsumen maka mereka akan memesan, jika tidak maka tidak akan ada pemesanan
- Jika pelanggan memesan maka menu akan dipilih
- Pelayanan akan melihat stok makanan, jika tersedia maka akan dirposes jika tidak pelayan akan meminta konsumen untuk memilih menu yang lain.
- Setelah menerima kosumen akan menerima makanan yang sudah dibeli
- Selanjutnya akan terjadi transaksi pembayaran di kasir
- Kasir akan memberikan kwitansi atau bukti pembayaran
- Jika semua orang memiliki dilalui maka konsumen akan pergi ke rumah makan
Flowhcart Pemesanan Makanan
Algoritma Penjumlahan 2 Angka
- Angka pertama (a) dan kedua (b)
- Jumlahkan dengan rumus a + b
- maka akan disetujui hasil dari a + b
Flowchart Penjumlahan 2 Angka
Algoritma Menghitung Nilai Akhir
- Inputkan Nim dan Nama
- Inputkan Kehadiran, nilai tugas, kuis, UTS, dan UAS
- Rumus Nilai Akhir: pertemuan * 0,05 + tugas * 0,25 + kuis * 0,15 + UTS * 0,25 + UAS * 0,30
- Menampilkan Nilai Akhir
Flowchart Menghitung Nilai Akhir